Friday, February 23, 2018

PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)

Tags


PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK)




PTK (PENELITIAN TINDAKAN KELAS) salah satu materi mata kuliah 

 pada semester 6 di STITMA TUBAN. satu-satunya kampus religi,. meskipun kampus religi namun materi yang diajarkan bukan hanya berpusat pada keagamaan saja melainkan juga materi yang menunjang para mahasiswa selayaknya di universitas-universitas umum. salah satunya adalah PTK.


1.        JUDUL
Pengaruh Profesionalisme Guru Dan Keterampilan Mengajar Terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Brondong Lamongan Tahun Pelajaran 2013-2014.

2.        RUMUSAN MASALAH
1.         Adakah  pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/2014?
2.         Adakah pengaruh keterampilan mengajar terhadap hasil belajan fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/2014?
3.        TUJUAN PENELITIAN
1.         Untuk menganalisis adanya pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/20214.
2.         Untuk menganalisis adanya pengaruh keterampilan mengajar terhadap hasil belajar fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/20214.
4.        HIPOTESIS TINDAKAN
1.         Terdapat pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru dan hasil belajar fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/2014.
2.         Terdapat pengaruh yang signifikan antara keterampilan mengajar dan hasil belajar fiqih siswa SMP Ma’arif 6 Cumpleng Tahun Pelajaran 2013/2014

5.        MANFAAT PENELITIAN
1.      Secara Teoristis : Dapat menambah hasanah pengembangan ilmu pengetahuan, khususnya dalam meningkatkan profesionalisme guru dan keterampilan mengajar.
2.      Secara Praktis : Peneliti ini diharapkan sebagai sumbangsih pemikiran bagi semua pihak terutama SMP Maarif  06  Cumpleng dan sekaligus penelitian ini dapat dijadikan pertimbangan bagi pelaksana pendidikan terutama pendidikan agama islam.

6.        KAJIAN PUSTAKA
1.      Hasil Belajar
Menurut Oemar Hamalik hasil belajar adalah bila seseorang telah belajar akan terjadi perubahan tingkah laku pada orang tersebut. Dari tidah tahu menjadi tahu, dari tidak bisa menjadi bisa.
Hasil belajar juga bisa diartikan sebagai pencapaian tujuan pembelajaran yang berupa peningkatan hasil yang dinyatakan dalam bentuk skor atau nilai.
2.      Profesionalisme Guru
Dalam arti sempit profesi adalah kegiatan yang dijalankan berdasarkan keahlian tertentu dan harus sesuai dengan norma-norma yang baik.
Guru merupakan jabatan yang memerlukan keahlian khusus sebagai guru.
3.      Keterampilan Mengajar
Kemampuan atau kecakapan guru dala membimbing siswa.

7.        PENDEKATAN DAN JENIS PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bersifat korelasi, yang terdiri dari tiga variabel yaitu mencari hubungan variabel (X1) profesionalisme guru (X2) dan keterampilan mengajar terhadap  hasil belajar (Y).

8.        RENCANA TINDAKAN
1.      Membuat rencana
2.      Mendatangi dan mendekati subjek
3.      Menyebarkan angket/tes
4.      Membuat evaluasi dan kesimpulan.

9.        LOKASI DAN WAKTU PENELITIAN
Tempat penelitian di SMP Ma’arif 6 Cumpleng, Pada saat jam pelajaan Fiqih. Selama 4 Kali Pertemuan.

10.    SUBYEK PENELITIAN
Kelas VII              = 17
Kelas VIII             = 17
Kelas IX                 = 19
Jumlah siswa keseluruhan, 53

11.    INDIKATOR KEBERHASILAN
Berdasarkan statistik hitung H0 diterima jika t hitung ≤ t tabel H0 ditolak jika t hitung > t tabel.
Jika t hitung lebih besar dari t tabel itu berarti  hasil belajar siswa dipengaruhi oleh profesionalisme guru dan keterampilan mengajar.

12.    PENGUMPULAN DATA
Berdasarkan teknik pengumpulan data pada penelitian ini, maka instrumennya adalah:
1.      Angket
Profesionalisme Guru
Tabel 3.1
Kisi-Kisi Instrumen Profesionalisme Guru (X1)
Vareabel
Indikator
Nomor Item
Profesionalisme Guru (X1)
Menguasai bahan pengayaan
1,2,3,4,5
Menguasai metode pengajaran
6,7,8,9,10,11,12,13
Menguasai materi pelajaran
14,15,16,17,18
Menguasai kelas
19,20,21
Menciptakan iklim belajar
23,24,25
Total
25

Keterampilan Mengajar
Tabel 3.2
Kisi-Kisi Instrumen Keterampilan Mengajar (X2)
Variabel
Indikator
Nomor Item
Keterampilan Mengajar (X2)
Vareasi dalam gaya mengajar
1,2,3,4,5,6
Menggunakan media dan bahan pelajaran
7,8,9,10,11,12,13
Vareasi dalam kegiatan pembelajaran
14,15,16,17,18,19,20,21
Vareasi pola intraksi
22,23,24,25
Total
25

2.      Tes
3.      Dokumentasi

13.    ANALISIS DATA
1.      Uji prasyarat
a.      Uji Normalitas
Uji normalitas menggunakan Komogorov-Smirnov Test. Data dianalisis dengan bantuan program SPSS 16,0 for windows, dengan pengambilan keputusan berdasarkan probabilitas.
1)      Jika probabilitas > 0,05 maka data penelitian berdistribusi normal.
2)      Jika probabilitas < 0,05 maka data penelitian berdistribusi tidak normal.
b.      Uji Linearitas
Uji linieritas dimaksud untuk mengetahui apakah hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat bersifat linear atau tidak. Uji linieritas penelitian ini menggunakan ANOVA variabel X dan Y, dapat dilihat dari nilai signifikan dari deviation of linierity untuk X1 dengan Y serta X2 dengan Y.
1)      Apabila nilai signifikasi > 0,05 dapat disimpulkan bahwa hubungan bersifat linier.
2)      Apabila nilai signifikasi < 0,05 dapat disimpulkan bahwa hubungan bersifat tidak linier.
2.      Uji Hipotesis
a.      Analisis regresi linier sederhana
Analisis regresi linear sederhana digunakan untuk menguji pengaruh X1 (Profesionalisme Guru ) terhadap Y (Hasil Belajar) dan pengaruh X2 (Keterampilan Mengajar) terhadap Y (Hasil Belajar). Persamaan analisis Regresi linier Sederhana ditunjukkan melalui rumus berikut:
Y =  a + bX
Dimana:   Y= Variabel terikat
                 a= Konstanta
                 b= Koefisien regresi untuk variabel X.
b.      Analisis regresi ganda
        Analisis regresi ganda digunakan untuk meramalkan perubahan variabel yang satu (Hasil Belajar) disebabkan oleh variabel lain (Profesionalisme Guru dan Keterampilan Mengajar). Dalam analisa, dalam hal ini antara regresi dilakukan untuk menentukan Hasil Belajar (Y) yang disebabkan oleh Profesionalisme Guru (X1) dan Keterampilan Mengajar (X2).
Adapun analisis regresi ganda dua prediktor menggunakan rumus sebagai berikut :
Y =  a + b1X1 + b2X2
Keterangan:
Y = Nilai yang diprediksi
X = Nilai variabel independen
a  = Konstanta atau bilangan harga X
b  = Koefisien regresi.



EmoticonEmoticon